Text
Evaluasi program penerimaan peserta didik baru (ppdb) bina lingkungan kota Bandar Lampung : menggunakan pendekatan the discrepancy evaluation model
ABSTRAK
EVALUASI PROGRAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
BINA LINGKUNGAN KOTA BANDAR LAMPUNG
Oleh
Efrildasari
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis sejauhmana
kebijakan pendidikan program bina lingkungan kota Bandar Lampung di
laksanakan di sekolah-sekolah yang ada di Kota Bandar Lampung . Jenis
penelitian ini adalah deskripsi kualitatif, menggunakan model evaluasi
Discrepancy di SMPN 1 Bandar Lampung dan SMPN 12 Bandar Lampung.
Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara.
Analisis data dilakukan melalui proses pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan. Sumber data adalah kepala
sekolah, wakil kepala sekolah, guru, tata usaha, orang tua dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkkan : (1) setiap sekolah memiliki system yang
berbeda dalam proses penerimaan peserta didik baru melalui jalur bina
lingkungan yang di sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah,
bina lingkungan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan
sekolah, (2) masing-masing sekolah memiliki strategi dalam memenuhi kuota
50% penerimaan peserta didik baru termasuk dalam penempatan kelas, hal
ini dimaksudkan agar sekolah bukan hanya memberikan kesempatan kepada
anak guru dan anak dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan
pendidikan namun sekolah dapat mempertahankan mutu, (3) faktor
pendukung diantaranya keinginan Pemerintah Kota Bandar Lampung untuk
pemerataan pendidikan dan hambatan pelaksanaan diantaranya sarana
prasarana penunjang dan motivasi belajar peserta didik yang rendah.
Kata Kunci: evaluasi program, bina lingkungan, discrepancy model
Bibliografi : lembar : 132-134
TM00001864 | TM 1864 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain