Text
Peningkatan kecerdasan sosial emosional melalui bermain balok : penelitian tindakan di Taman Kanak-kanak Islam kelompok A Al-Azhar 10 Serang, 2013
PENINGKATAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI BERMAIN BALOK
(Penelitian Tindakan di TK Islam Al Azhar 10 Serang)
ATIN FATIMAH
ABSTRAC
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan sosial emosional anak usia 4-5 tahun dapat ditingkatkan melalui bermain balok. Penelitian dilakukan di TK Islam Al Azhar 10 Serang dengan subyek penelitian sebanyak 28 anak. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-tes. Non tes digunakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tindakan dan data kecerdasan sosial emosional melalui observasi. Tehnik analisis data untuk menguji hipotesis tindakan menggunakan penghitungan kenaikan persentase skor kemampuan kecerdasan sosial emosional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proporsi peningkatan kecerdasan sosial emosional pada siklus I jika dibandingkan dengan kecerdasan sosial emosional pada tahap pra-penelitian sebesar 47,95%. Hasil observasi tersebut menunjukkan peningkatan kecerdasan sosial emosional dan hal tersebut menjadi dasar untuk melanjutkan pemberian tindakan pada siklus II guna mendapatkan hasil yang optimal. Hasil pengamatan pada akhir siklus II memperlihatkan adanya peningkatan kecerdasan sosial emosional anak sebesar 14,95%. Dengan membandingkan hasil observasi kecerdasan sosial emosional pada siklus I dan siklus II dapat dilihat terjadinya peningkatan kecerdasan sosial emosional anak. Peningkatan terbesar dari 22 indikator terjadi pada kemampuan dalam hal menggunakan mainan balok, dalam mengekspresikan perasaan, dan dalam mengungkapkan dengan kata-kata. Hasil tersebut menunjukkan kesesuaian dengan hipotesis tindakan maka hipotesis tindakan diterima. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa kegiatan bermain balok di TK Islam Al Azhar dapat meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak.
Bibliografi : lembar 274-276
TM00004784 | TM 4784 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain