Text
Evaluasi program beasiswa pasacasarjana (S2) bagi guru PNS di kabupaten Bangka Tengah : aplikasi model evaluasi cippo
EVALUASI PROGRAM
BEASISWA PASCASARJANA (S2) BAGI GURU PNS
DI KABUPATEN BANGKA TENGAH
(APLIKASI EVALUASI MODEL CIPPO)
MUSRIWAN
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak program beasiswa pascasarjana (S2) bagi guru PNS di Kabupaten Bangka Tengah dengan menggunakan model evaluasi CIPPO. Program beasiswa bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui kualifikasi akademiknya dengan harapan adanya peningkatan kompetensi akademik dengan harapan guru menjadi lebih profesional dan mampu memberikan inovasi-inovasi dalam pembelajaran. Evaluasi difokuskan evaluasi pada efektifitas program terkait dengan ketercapaian tujuan program yang bermuara pada peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan kompetensi guru di Kabupaten Bangka Tengah.
Subjek penelitian adalah guru penerima beasiswa dan masyarakat pendidikan (rekan sejawat guru, kepala sekolah dan wakil) serta instansi Dinas Pendidikan sebagai penyelenggara program.
Hasil evaluasi penelitian ini akan dilihat dari lima aspek, meliputi : 1) context, dengan hasil relevan untuk landasan hukum dan tujuan, dan keberadaan program beasiswa kategori sangat baik (83,75%); 2) input, terkait persiapan awal pelaksanaan program beasiswa dengan hasil relevan untuk sub aspek alokasi sumber dana, hasil evaluasi sasaran program dengan kategori baik (80%), dan hasil sistem rekrutmen dan seleksi peserta memiliki kategori sangat baik (90,91%); 3) hasil process, 87,73% dalam kategori sangat baik untuk evaluasi sinkronisasi, hasil prosedur penyaluran beasiswa relevan dengan juknis dalam Surat Keputusan MoU, 88,64% proses penyaluran beasiswa dalam kategori sangat baik; 4) hasil evaluasi product, 100% lulusan S2 memiliki IPK>3.00 dengan kategori sangat baik dengan 90,91% masa studi tepat waktu; dan 5) hasil evaluasi outcomes, terkait dampak program, yakni peningkatan kompetensi guru melalui UKG dalam kategori sangat baik (90,70%), Pengembangan diri guru kategori kurang baik (36,95%), kontribusi potensial guru setelah mengikuti S2 pada lingkungan kerjanya dalam kategori sangat baik (86,4%) dan partisipasi keaktifan forum guru setelah mengikuti S2 dalam kategori baik (78,2%) dan disimpulkan efektifitas pelaksanaan program beasiswa pascasarjana (S2) berjalan dengan sangat baik.
Kata Kunci : Beasiswa, Pascasarjana, CIPPO Evaluation
Bibliografi : lembar 127-131
TM00001863 | TM 1863 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain