Text
Evaluasi program pendidikan inklusif di kota Metro Lampung Propinsi Lampung : penerapan evaluasi program model skate
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan program pendidikan Inklusif di Kota Metro Propinsi Lampung. Model evaluasi program yang digunakan adalah model Countenance Stake. Dengan model ini efektivitas pelaksanaan program ditinjau dari 3 Komponen yaitu antecedents, transactions, dan outcomes. Efektifitas pelaksanaan program pada antecedents meliputi aspek identifikasi dan asesmen, perencanaan kurikulum, kualifikasi pendidik dan tenaga Kependidikan, pembiayaan serta sarana dan prasarana. Transactional meliputi aspek pengelolaan kelas, kegiatan pembelajaran, penilaian, serta pembinaan dan monitoring. Outcomes meliputi aspek sistem kenaikan kelas, prestasi belajar siswa pada ujian nasional dan keterserapan siswa berkebutuhan khusus pada jenjang pendidikan menengah atas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pada komponen antecedents aspek identifikasi dan asesmen serta perencanaan kurikulum memenuhi kriteria “efektif”, kualifikasi pendidik dan tenaga Kependidikan memenuhi kriteria “sangat efektif”, pembiayaan serta sarana dan prasarana memenuhi kriteria “cukup efektif”. Transactional pada aspek pengelolaan kelas, kegiatan pembelajaran serta pembinaan dan monitoring memenuhi kriteria “efektif”, . Outcomes pada aspek sistem kenaikan kelas dan keterserapan pada jenjang pendidikan menengah atas hanya memenuhi kriteria “cukup efektif”
Perlu adanya peningkatan fasilitas pendukung, pengalokasian dana khusus dan peningkatan kualifikasi guru dalam mengembangkan kurikulum modifikasi dan mengelola pembelajaran berbasis pendidikan inklusif.
Kata kunci : Evaluasi Program, Inklusif, Countenance Stake
Bibliografi : lembar 130-133
TM00001862 | TM 1862 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain