Text
Pengaruh strategi pembelajaran dan kebugaran jasmani terhadap hasil belajar lob bertahan dalam permainan bulutangkis : studi eksperimen pada siswa kelas VIII SMPN 2 Karawang Timur
ABSTRAK
Pengaruh Strategi Pebelajaran dan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Lob Bertahan dalam Permainan Bulutangkis pada SMPN 2 KARAWANG TIMUR KAB KARAWANG. Tesis. Jakarta : Program Pascasarjana, 2016
Penelitian ini dilaksanakan di lapangan olahraga SMPN 2 Karawang Timur pada murid siswa kelas VIII sebanyak 56 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen lapangan dengan desain penelitian menggunakan 2 x 2 by leavel
Teknik pengumpulan data menggunakan performence skill test untuk data kuantitatif peningkatan hasil belajar lob bertahan dan kebugaran jasmani di dapat dari hasil tes kepada murid yang akan dijadikan sampel penelitian. Teknik analisi data menggunakan penghitungan SPSS dengan Varian (ANAVA) dua jalur dengan taraf signifikansi α 0,05. Apabila dalam uji anava terdapat pengaruh yang signifikan dari setiap faktor perlakuan dan interaksinya.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis varians dua jalur yaitu : (1) Perbedaan pengaruh pembelajaran taktis dan teknis di dapat nilai signifikansi untuk pembelajaran (0.003) < 0.05. bahwa H0 di tolak. Artinya, terdapat perbedaan hasil belajar lob bertahan pembelajaran bulutangkis menggunakan pendekan taktis dan teknis. (2). Pengujian terhadap interaksi yang di peroleh nilai signifikansi (0.023) < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara pembelajaran dan jasmani dalam mempengaruhi hasil belajar lob bertahan dalam permainan bulutangkis. (3). Perbedaan pengaruh pembelajaran taktis dan teknis pada kelompok kebugaran jasmani tinggi didapat nilai signifikan untuk pembelajaran (0.955) > 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan kedua rata-rata adalah tidak signifikan. (4). Perbedaan pengaruh pembelajaran taktis dan teknis pada kelompok kebugaran jasmani rendah didapat nilai signifikan untuk pembelajaran (0.002) < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan kedua rata-rata adalah signifikan.
Bibliografi : lembar 103-104
TM00001874 | TM 1874 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain