Text
Pengaruh literasi kimia (tekstual dan kontekstual) dan locus of control (internal dan eksternal) terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit
PENGARUH LITERASI KIMIA (TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL) DAN LOCUS OF CONTROL (INTERNAL DAN EKSTERNAL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT
Sela Devi Anggraeni, Suwirman Nuryadin, Tritiyatma H.
Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No 10, Rawamangun 13220, Jakarta,
Indonesia
Corresponding author: seladevi10@gmail,com (Sela Devi Anggraeni)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi kimia (tekstual dan kontekstual) dan locus of control (internal dan eksternal) terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto untuk menjelaskan bagaimana variabel-variabel dalam penelitian ini saling berhubungan atau berpengaruh. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 58 Jakarta. Sampel penelitian ini dipilih melalui teknik purposive sampling dan didapatkan kelas X MIA A dan X MIA C sebagai sampel penelitian.
Kesimpulan dari penelitian ini tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki literasi kimia tekstual maupun siswa yang memiliki literasi kontekstual dan tidak ada pengaruh literasi kimia serta locus of control terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci
Literasi Kimia, Locus of Control, Hasil Belajar, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Bibliografi : lembar 65-66
SS00010035 | SK 10035 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain