Text
Peningkatan kemampuan berbicara anak melalui pendekatan project : penelitian tindakan di TK B Pembina 2, Kartini Jambula, Kecamatan Pulau Ternate, tahun 2012/2013
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI PENDEKATAN PROJECT
(Penelitian Tindakan di TKB Pembina 2 Kartini Jambula, Kecamatan
Pulau Ternate, Tahun 2012/2013)
RACHMATIA TAUHID
ABSTRACT
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak melalui pendekatan project. Responden yang terlibat dalam penelitian ini yaitu 13 orang anak dari kelompok B2 di TK Pembina 2 Kartini Jambula. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan siklus spiral dari Kemmis & Taggart yang terdiri dari: (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi, dan (d) refleksi, dan berhasil dalam satu siklus. Skor data kemampuan berbicara anak dikumpulkan dari tes performent yang telah dilakukan pada awal dan akhir siklus. Data peningkatan kemampuan berbicara anak, dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil data tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak telah meningkat, dimana skor rata-rata pra tindakan (pre-test) ( X = 58%), dan siklus pertama (post-test) ( X = 90%). Kesimpulan penelitian ini adalah (1) persentase kemampuan berbicara anak dari pra ke akhiri siklus I meningkat 32%, (2) guru harus selektif dalam memilih tema pada kegiatan belajar anak, (3) metode dan media harus menarik dan bervariasi, (4) guru harus memberikan kesempatan kepada anak untuk berbicara dalam setiap kesempatan, (5) Guru harus memberikan feedback atas komentar anak dan memberikan apresiasi kepada anak.
Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Taman Kanak-Kanak (TK), Pendekatan Project.
Bibliografi : lembar 217-223
TM00004789 | TM 4789 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain