Text
Analisis penerapan pendekatan socio-critical dan problem-oriented terhadap berpikir kritis siswa dalam pembelajaran kimia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan
ABSTRAK
Bernike Goinxha. Analisis Penerapan Pendekatan Socio-Critical dan Problem-Oriented terhadap Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis penerapan pendekatan Socio-critical dan Problem-oriented terhadap berpikir kritis siswa dalam pembelajaran kimia pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan terhadap kelas XI MIPA 9 di SMA Negeri 2 Bekasi yang berjumlah 42 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Desember 2015 hingga Juni 2016.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif berdasarkan interpretivism paradigm. Fokus penelitian ini adalah implikasi yang muncul dalam pembelajaran kimia pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan menggunakan media pembelajaran artikel Socio-critical dan Problem-oriented. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap kegiatan awal, tahap kegiatan pelaksanaan, dan tahap kegiatan akhir. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara siswa, reflektif jurnal siswa, observasi kelas, dokumentasi, lembar kerja siswa, dan data instrumen VLES-Modified. Pengumpulan data tersebut mengacu pada keenam kategori yaitu metode pembelajaran, peranan guru, kerja sama, empati komunikasi, berpikir kritis, dan refleksi isu-isu sosial yang muncul pada saat penelitian.
Hasil penelitian menggunakan pendekatan Socio-critical dan Problem-oriented menunjukkan bahwa siswa telah merasakan implikasi dari pembelajaran kimia, yaitu siswa menjadi tertarik dan termotivasi untuk mengeksplorasi dan mengembangkan soft skills yang dimilikinya dalam mempelajari kimia diantaranya seperti saling bekerjasama, berkomunikasi, dan berpikir kritis dalam menanggapi dan menyelesaikan permasalahan sosial yang berhubungan dengan ilmu kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: Pendekatan Socio-critical dan Problem-oriented, Pembelajaran kimia, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
Bibliografi : lembar 166-170
SS00010040 | SK 10040 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain