Text
Pengaruh gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar shooting futsal : studi eksperimen siswa SMA Global Islamic School Jakarta
PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR
TERHADAP TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING FUTSAL
(Studi Eksperimen Pada Siswa SMA Global Islamic School)
KARIS YUNIANTO
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dan motivasi terhadap hasil belajar shooting futsal siswa SMA Global Islamic School Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Global Islamic School tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x 2. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Jumlah sampel sebanyak 36 orang dan dibagi menjadi empat kelompok dengan masing-masing kelompok 9 orang. Analisis data menggunakan Analysis of Varians (Anava) dan uji lanjut dengan Uji Tuckey.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) secara keseluruhan, pembelajaran dengan gaya mengajar latihan lebih baik dibanding dengan pembelajaran dengan resiprokal terhadap hasil belajar shooting futsal SMA Global Islamic School, (2) bagi peserta didik yang memiliki motivasi tinggi, pembelajaran dengan gaya mengajar latihan lebih baik dibanding dengan pembelajaran dengan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar shooting futsal SMA Global Islamic School, (3) bagi peserta didik yang memiliki motivasi rendah, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara proses pembelajaran dengan gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar latihan terhadap hasil belajar shooting futsal SMP Global Islamic School. (4) terdapat interaksi antara gaya mengajar dan motivasi terhadap hasil belajar shooting futsal.
Kata kunci: gaya mengajar, motivasi belajar, shooting futsal
Bibliografi : lembar 112-114
TM00001871 | TM 1871 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain