Text
Upaya meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Khairu Ummah Kota Padang
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model permainan dengan menggunakan alat yang sederhana dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauht. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran para pendidik tentang penggunaan pendekatan yang sesuai dalam kegiatan proses belajar mengajar, sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dan dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas V Sekolah Dasar Islam Khairu Ummah yang berjumlah 34 orang. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan hasil tes belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, terbukti pada siklus satu yang tuntas belajar mencapai 22 siswa atau 64,71% dengan nilai rata-rata 75,26. Pada siklus dua mencapai 29 siswa atau 85,29 % dengan nilai rata-rata 77,04. Selain itu, dengan metode bermain dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran lompat jauh.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model permainan dengan menggunakan alat yang sederhana efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Khairu Ummah Kota Padang. Kepada rekan-rekan seprofesi untuk dapat menerapkan hasil penelitian ini secara berkesinambungan dan kepada guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan agar dapat menerapkan model permainan ini sebagai alternative dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.
Kata Kunci : Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain.
Bibliografi : lembar 101-102
TM00001872 | TM 1872 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain