Text
Intertextuality in international journal articles
ABSTRAK
CANDRA DWI IRAWAN. 2016. Intertextuality in International Journal Articles on
Education. Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan
Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan keterkaitan antar teks pada
pendahuluan dalam artikel jurnal pendidikan internasional. Analisis isi diterapkan
sebagai metode di dalam penelitian ini. Artikel dalam penelitian ini diambil dari
jurnal ASIAN EFL. Ada lima belas artikel yang diambil dari publikasi tahun 2013,
2014, dan 2015. Data dianalisis menggunakan kerangka keterkaitan antar teks
yang dikemukakan oleh Bazerman (2004). Kerangka ini mencakup empat
kategori; gambaran keterkaitan antar teks, tipe sumber, fungsi sumber, dan
posisi penulis terhadap sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada
kategori pertama tentang gambaran keterkaitan antar teks, penulis lebih banyak
melengkapi artikel mereka dengan pendapat atau informasi dari sumber luar
dengan cara mengutip teks secara tidak langsung. Pada kategori kedua tentang
tipe sumber, hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka mengambil pendapat
dan informasi dari sumber luar dengan mencantumkan orang atau institusi yang
berpengaruh. Pada kategori ketiga, fungsi dari kalimat yang menunjukkan
keterkaitan antar teks tersebut sebagian besar adalah sebagai pendapat dan
juga bukti yang terkait dengan topik diskusi. Hasil penelitian juga menunjukkan
bahwa posisi penulis terhadap kalimat dari sumber luar tersebut yang paling
dominan adalah netral.
Kata kunci: intertekstualitas, artikel, sumber luar
Bibliografi : lembar 59-61
TM00001878 | TM 1878 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain