Text
Pendidikan karakter dalam buku teks pelajaran bahasa Inggris untuk SMP : penelitian analisis isi
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SMP
(Penelitian Analisis Isi)
FIDIATUN ADIYAN
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk memahami secara mendalam, lengkap dan jelas mengenai nilai pendidikan karakter dalam kaitannya dengan keterampilan menyimak, nilai pendidikan karakter dalam keterampilan berbicara, nilai pendidikan karakter dalam keterampilan membaca, dan nilai pendidikan karakter dalam keterampilan menulis pada buku teks pelajaran bahasa Inggris untuk SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan membaca buku teks pelajaran secara intensif dan berulang-ulang sampai menemukan nilai pendidikan karakter. Hasil analisis data ditemukan 109 nilai pendidikan karakter. Dari data tersebut, peneliti menemukan 19 nilai pendidikan karakter dalam keterampilan menyimak, kemudian dalam keterampilan berbicara terdapat 51 nilai pendidikan karakter, keterampilan membaca sebanyak 29 nilai pendidikan karakter, dan terdapat 10 nilai pendidikan karakter dalam keterampilan menulis. Nilai pendidikan karakter yang dominan ialah nilai pendidikan karakter dalam keterampilan berbicara.
Kata Kunci: Nilai pendidikan karakter, buku teks, keterampilan berbahasa.
iv
RINGKASAN
A. PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia untuk tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang sesungguhnya sebagai makhluk yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan mampu menumbuh kembangkan potensi cipta, rasa dan karsa manusia hingga mampu mendirikan sikap dan perilaku arif dalam memimpin kelangsungan hidup dan kehidupan. Menjadikan pendidikan karakter sebagai alternatif pemecahan masalah merupakan langkah strategis mengingat runtuhnya karakter dan budaya masyarakat Indonesia yang kian merosot. Hal ini akibat dari krisis moral dan mental.
Untuk membendung krisis moral tersebut maka perlu ada kemitraan yang kuat antara orang tua dan sekolah. Pendidikan karakter, tentu saja bukan hanya merupakan tanggung jawab sekolah melainkan tanggung jawab dari mereka semua yang menyentuh nilai dan kehidupan para anak muda berawal dengan keluarga. Sebagai salah satu lingkungan pendidikan, sekolah tentunya memiliki seperangkat perencanaan yang matang, salah satunya ialah sumber referensi dan materi ajar. Pada semua level pendidikan, materi ajar mendapat perhatian karena modal untuk guru. Materi ajar merupakan salah satu faktor yang dapat membantu proses pembelajaran. Dalam rangka penanaman nilai karakter dapat melalui materi ajar. Salah satu bentuk materi ajar adalah buku pelajaran. Fenomena yang terjadi akhir-akhir ini ialah adanya buku pelajaran yang bermuatan radikalisme dan menghina sahabat Nabi Muhammad SAW. perederan buku yang bermuatan radikalisme harus ditangkal sejak dini karena mengancam pemahaman ideologi siswa.
Bibliografi : lembar 180-184
TM00001892 | TM 1892 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain