Text
English language needs of computer and networking students of vocational high school : a case study at SMK in Kabupaten Kolaka
KEBUTUHAN BAHASA INGGRIS SISWA JURUSAN TEKHNIK
KOMPUTER DAN JARINGAN PADA SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN: STUDI KASUS PADA SMK DI KABUPATEN KOLAKA
(2016)
MUSHOWWIRAH LESTARI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kebutuhan Bahasa Inggris untuk
siswa program studi tekhnik komputer dan jaringan (TKJ) pada Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK). Metode dari penelitian ini adalah desain
kualitatif melalui studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada bagian ICT
PT.Antam Tbk, dan di tiga SMK di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.
Data penelitian diperoleh melalui wawancara, kuesioner, catatan
lapangan, dan dokumen-dokumen, sedangkan sumber datanya adalah
kepala divisi dan seorang teknisi, guru pelajaran produktif, guru bahasa
Inggris, siswa TKJ, dan dokumen-dokumen (SKKNI, silabus pelajaran
produktif dan silabus pelajaran bahasa Inggris). Hasil penelitian
mengungkapkan bahwa 1) kebutuhan aktual siswa TKJ dalam belajar
bahasa Inggris adalah untuk dapat terampil membaca dan menulis teks
prosedur dan laporan, 2) Materi pembelajaran bahasa Inggris yang ada di
dominasi oleh bahasa Inggris untuk kehidupan sehari-hari, pekerjaan
kantor, dan pemasaran. Oleh karena itu, materi pembelajaran bahasa
Inggris yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan aktual siswa.
Materi pembelajaran yang siswa butuhkan contohnya adalah panduan
perintah dari komputer, panduan instalasi, petunjuk penggunaan, dan
dokumen laporan kerja.
Kata Kunci: Kebutuhan Bahasa Inggris, Bahasa Inggris untuk Tujuan
Khusus (ESP), Komputer dan Jaringan, Sekolah
Menengah Kejuruan, Keahlian Bahasa Inggris, Ilmu
Bahasa, Materi belajar Bahasa Inggris.
Bibliografi : lembar 91-93
TM00001890 | TM 1890 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain