Text
Daya terima konsumen wanita terhadap kalung limbah botol HDPE
ABSTRAK
SYIFA LAILY IZZI. DAYA TERIMA KONSUMEN WANITA TERHADAP
KALUNG LIMBAH BOTOL HDPE. Program Studi Tata Busana, Jurusan Ilmu
Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang daya terima
konsumen terhadap kalung dari limbah botol plastik. Penelitian dilakukan di
beberapa mall di Jakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen wanita
dewasa yang terlihat sedang berkunjung dan mengenakan aksesoris atau yang
terlihat berbelanja aksesoris di pusat perbelanjaan. Sampel yang diambil sebanyak
100 orang dengan kriteria wanita dewasa awal berusia 18-30 tahun yang secara
kebetulan sedang berkunjung ke pusat perbelanjaan (mall) di Jakarta. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk pernyataan tertutup.
Variabel penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu daya terima konsumen
terhadap kalung dari limbah botol plastik HDPE. Terdiri dari indikator bentuk
kalung, warna kalung, tekstur kalung, proporsional kalung, keseimbangan desain
kalung, serta penerimaan harga kalung.
Dari hasil temuan data dilapangan dan perhitungan statistika pada daya
terima responden wanita dewasa awal yang berkunjung di beberapa pusat
perbelanjaan di Jakarta, dapat disimpulkan dari 6 indikator yang paling
mempengaruhi adalah warna kalung dari limbah botol HDPE. Dari kelima model
kalung, kalung model A adalah yang disukai oleh konsumen. Dalam hal ini
produk kalung dari limbah botol HDPE dapat diterima dengan baik oleh
konsumen wanita.
Kata kunci: Daya terima, kalung, limbah botol HDPE.
Bibliografi : lembar 59-61
SS00010410 | SK 10410 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain