Text
Pengaruh teknik pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap keterampilan membaca pemahaman Bahasa Inggris : penelitian eksperimen di kelas VIII SMP Al Azhar 12 Rawamangun
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa Inggris di kelas VIII SMP 12 Al azhar Rawamangun. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Al azhar 12 Rawamangun Jakarta Timur. Desain Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari empat kelas yang homogen. Total populasi adalah 144 siswa dan sampel siswa adalah 72 dipilih dengan penarikan sampel multistage. Pengumpulan data instrumen adalah tes soal membaca dan kuesioner kecerdasan emosional. Teknik analisis data adalah menggunakan analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada perbedaan yang signifikan hasil keterampilan membaca pemahaman antara siswa belajar dengan teknik Jigsaw II dan Teknik Teams Games Tournament (TGT), (2) ada perbedaan yang signifikan hasil keterampilan membaca pemahaman pada siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dengan kecerdasan emosional (3) ada pengaruh interaksi yang signifikan antara teknik pembelajaran (Jigsaw II dan Teams Games Tournaments) dan kecerdasan emosional. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru pada umumnya dan khususnya guru bahasa Inggris untuk menerapkan teknik Jigsaw II dalam mengajar keterampilan membaca, guru memperhatikan karakter siswa yakni kecerdasan emosional dalam menentukan teknik pembelajaran.
Kata kunci: Teknik pembelajaran, keterampilan membaca, Kecerdasan emosional, dan ekperimen.
Bibliografi : lembar 154-158
TM00001885 | TM 1885 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain