Text
Designing cefr for languages based english listening test specifications for S1 english study program
ABSTRAK
Efendi, Ali Satri. 2016. Merancang Spesifikasi Tes Keterampilan Bahasa Inggris
berbasis Common European Framework of Reference (CEFR) untuk Program
Studi S1 Bahasa Inggris. Tesis. Fakultas Seni dan Bahasa, Program Magister
Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Jakarta. 146 halaman dengan 6
jenis lampiran.
Common European Framework of Reference (CEFR) untuk bahasa menyediakan
pondasi menyeluruh bagi pengembangan silabus, kurikulum, pedoman, penilaian
dan buku pelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang spesifikasi
tes keterampilan mendengarkan bahasa inggris berbasis CEFR untuk bahasa yang
cocok untuk Program Bahasa Inggris S1. Metode Penelitian Rancangan dan
Pengembangan mengakomodasi penelitian ini untuk menghasilkan model-model
dan dasar-dasar yang diarahkan oleh proses rancangan, pengembangan dan
penilaian. Data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain kompetensikompetensi
standar, materi belajar, dan tata bahasa yang dikumpulkan dari silabus
tujuh universitas Program S1 Bahasa Inggris dan dokumen-dokumen CEFR dari
European Association for Quality Language Services (EAQUALS). Penulis
melakukan tiga fase penelitian berupa analisis kebutuhan, dimana penulis
menganalisa silabus tujuh universitas dan membandingkannya dengan komponenkomponen
CEFR, pengumpulan informasi, dan prototipe rancangan. Hasilnya
menunjukkan posisi tujuh universitas di tingkat CEFR ada di A1 (9,74%), A2
(11,09%), B1 (7,36%), B2 (8,66%), C1 (5,94%), dan C2 (0,60%). Hasil tersebut
merupakan dasar bagi penulis untuk merancang tes spesifikasi keterampilan
mendengarkan bahasa inggris yang berkisar di tingkat A1 hingga C1 dan dibagi
ke dalam Keterampilan Mendengarkan Dasar, Keterampilan Mendengarkan
Menengah, dan Keterampilan Mendengarkan Tingkat Tinggi. Tabel spesifikasi
milik Regional Language Centre (RELC) Singapura menjadi referensi bagi
penulis untuk merancang spesifikasi tes keterampilan mendengarkan Bahasa
Inggris yang ada di dalam penelitian ini. Penulis mengacu pada IELTS sebagai tes
yang distandarkan untuk menentukan jumlah bagian, tipe pertanyaan, jumlah soal
dan alokasi waktu..
Kata Kunci: CEFR untuk Bahasa, Penilaian Keterampilan Mendengarkan Bahasa
Inggris, Spesifikasi Tes.
Bibliografi : lembar 133-147
TM00001881 | TM 1881 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain