Text
Reflective teaching in the english teaching and learning process at SMA Negeri 5 Kendari : a case study
Wa Ode Nurmaulid Sakti B, 2016. Pengajaran Refleksi dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris di SMA Negeri 5 Kendari (Studi Kasus). Tesis. Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengajaran refleksi dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 5 Kendari. Sebuah penelitian kualitatif dengan studi kasus sebagai metode penelitian digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket, wawancara, dan observasi sedangkan sumber data adalah lima orang guru di SMA Negeri yang berpartisipasi dalam penelitian ini sejak 4 Januari – 19 Februari 2016. Observasi awal dilakukan pada bulan Mei 2016. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guru-guru telah mengaplikasikan pengajaran refleksi dengan menggunakan beberapa strategi dari pengajaran refleksi seperti merekam video, observasi, penelitian tindakan, umpan balik terhadap siswa, dan mengikuti lokakarya. Hasil penemuan berikutnya menunjukan bahwa para guru telah memahami bagaimana mendefinisikan pengajaran refleksi dan menyadari pentingnya menjadi guru yang melakukan refleksi dalam pengajaran seperti guru belajar hal-hal baru saat mengajar; guru belajar dari pengalaman mereka sendiri sebagai pelajar dan sebagai guru; dan guru dapat mengembangkan keterampilan mengajar mereka dan terus meningkatkan ilmu pengetahuan mereka. Hasil penemuan terakhir menunjukan bahwa dalam melakukan pengajaran refleksi guru mengalami beberapa kesulitan seperti kurangnya waktu karena mereka memiliki beban kerja yang harus dilakukan di luar jam mengajar di kelas. Guru mendapat kesulitan-kesulitan dalam mendorong rekan-rekan mereka yang tidak memiliki kesiapan dan fokus dalam melakukan pengajaran refleksi.
Kata kunci: Pengajaran Refleksi, Strategi-strategi Pengajaran Reflective
Bibliografi : lembar 89-93
TM00001889 | TM 1889 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain