Text
Pengaruh pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) dan discovery learning terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada materi sistem imun (studi eksperimen di SMA Negeri 27 Jakarta)
ABSTRAK
RIZKIA HANDAYANI. Pengaruh Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Sistem Imun. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Kemampuan Berpikir Analisis merupakan salah satu dari Higher Order Thinking Skills (HOTS). Siswa dituntut untuk memiliki Higher Order Thinking Skills (HOTS) sesuai dengan kurikulum 2013. Kemampuan berpikir analisis diperlukan untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran. Materi yang paling sulit di kelas XI adalah materi Sistem Imun. Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan Discovery Learning diharapkan siswa mampu mengembangkan kemampuan berpikir analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh POGIL dan Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada materi sistem imun. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 27 Jakarta di semester genap pada tahun ajaran 2015/2016 pada April-Mei 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian diperoleh secara simple random sampling. Kelas XI MIA 1 (kelas eksperimen Discovery Learning), Kelas XI MIA 2 (kelas eksperimen POGIL), dan kelas XI MIA 3 (Kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah post-test dengan tes objektif berupa pilihan ganda dan sebab akibat. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Uji Bartlett. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan Uji F ANAVA satu arah menunjukan hasil nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yang maka tolak Ho pada α=0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh POGIL dan Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada materi sistem imun.
Kata Kunci: HOTS, Sistem imun, POGIL, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Analisis
Bibliografi : lembar 61-65
SS00010434 | SK 10434 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain