Text
Peningkatan kemampuan menyimak melalui metode mendongeng : penelitian tindakan di kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Lambu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat, tahun 2013
RINGKASAN
Peningkatan kemampuan menyimak melalui metode mendongeng,penelitian tindakan pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Lambu Kabupaten Bima 2013. Penelitian ini dilakukan karena melihat kenyataan yang terjadi yaitu anak sangat sulit dan kurang terampil dalam kegiatan menyimak. Menyimak bermakna mendengarkan dengan penuh pemahaman dan perhatian, serta apresiasi. Penelitian tindakan ini menggunakan prosedur kerja Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Proses pengumpulan data menggunakan tekhnik pengamatan, wawancara dan, dokumentasi untuk analisis data menggunakan analisis kualitatif. Penelitian tindakan ini dimulai dengan observasi awal ( pra tindakan) untuk mengetahui kemampuan awal anak, yang dilanjutkan dengan siklus I dan sampai siklus II. Pada siklus I kemampuan menyimak anak belum mencapai target rata-rata peningkatan kemampuan menyimak anak yang telah disepakati sehingga dilanjutkan pada siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak. Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Lambu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat tahun 2013. Dengan demikian bahwa metode mendongeng dapat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menyimak anak kelas B ( usia 5-6 tahun ).
Kata kunci : Kemampuan menyimak, metode mendongeng
Bibliografi : lembar 237-240
TM00004801 | TM 4801 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain