Text
Penerapan metode bermain untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru : penelitian tindakan pada peserta didik kelas X SMKN 36 Jakarta Utara
PENERAPAN METODE BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR TOLAK PELURU
MARIHOT PARLINDUNGAN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar gerak dasar tolak
peluru gaya menyamping (Ortodoks) melalui pendekatan bermain pada peserta
didik SMKN 36 Jakarta . Penelitian ini adalah penelitian tindakan, menggunakan dua
siklus dengan tahapan kegiatan: perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi.
Sasaran dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKJ Jakarta sebanyak 32
orang.
Sumber data diperoleh melalui tes awal dan tes akhir keterampilan hasil
belajar gerak dasar tolak peluru gaya menyamping (ortodoks).Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil tes awal nilai
terendahnya adalah 65.6 dan nilai tertingginya adalah 81.2. Kemudian hasil tes akhir
Pada siklus pertama , nilai terendahnya 65.6 dan nilai tertingginya 81.2. Hasil belajar
semakin meningkat pada siklus kedua yaitu ditandai dengan peningkatan hasil tes,
nilai terendah 68.7 dan nilai tertinggi 81.2 dengan persentase keberhasilan 84.37%.
Hal ini sudah memenuhi kriteria keberhasilan pencapaian dalam penelitian
tindakan yaitu 80%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain
sangat berpengaruh positif pada peserta didik SMKN 36 Jakarta untuk
meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya menyamping (Ortodoks), yang ditandai
dengan peningkatan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Penerapan Metode Bermain, Hasil Belajar, Tolak Peluru gaya
menyamping
Bibliografi : lembar 139-141
TM00001916 | TM 1916 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain