Text
Pengaruh gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar latihan dengan kebugaran jasmani terhadap hasil belajar passing sepakbola : studi eksperimen pada siswa kelas X SMAN 1 Tegalwaru
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar
dan kebugaran jasmani terhadap hasil belajar passing sepak bola. Penelitian
ini menggunakan metode eksperimen dengan desain by level 2x2.
Penggambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dimana
penetuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Jumlah sampel sebanyak
40 orang siswa yang dibagi menjadi 4 kelompok. Teknik analisis data
menggunakan analysis of variance (ANAVA) dua jalur kemudian dilanjutkan
dengan Uji Tukey. Hasil penelitian secara keseluruhan didapatkan bahwa (1).
Terdapat perbedaan signifikan dari hasil belajar dalam permainan sepak bola
antara gaya mengajar resiprokal dan latihan, yakni; F-hitung gaya mengajar =
8,24, lebih besar dari pada F tabel, yaitu 4,11. (2). Terdapat interaksi dimana
gaya mengajar dan kebugaran jasmani memberikan pengaruh terhadap hasil
passing sepak bola secara bersama-sama, dimana F-hitung = 56,39 > Ftabel
= 4,11. (3). Terdapat perbedaan signifikan antara gaya mengajar
resiprokal dan latihan pada kebugaran jasmani tinggi, hasil penelitian
menunjukkan bahwa gaya mengajar resiprokal lebih baik daripada gaya
mengajar latihan, batas uji Tukey (w) yaitu 1,59. (4). Terdapat perbedaan
signifikan antara gaya mengajar latihan dan resiprokal pada kebugaran
jasmani rendah, hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya mengajar latihan
lebih baik daripada gaya mengajar resiprokal, batas uji Tukey (w) yaitu 1,01.
Kata Kunci: Gaya Mengajar, Kebugaran Jasmani, Passing Sepakbola.
Bibliografi : lembar 118-120
TM00001913 | TM 1913 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain