Text
Desain tangki (fuel tank) bahan bakar gas untuk sepeda motor jenis semi sport
ABSTRAK
Febriyanto, Desain Tangki (Fuel Tank) Bahan Bakar Gas Untuk Sepeda Motor
Jenis Semi Sport, Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas
Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain tangki sepeda motor
BBG yang dapat dijadikan rujukan bagi pengembangan sepeda motor. Penelitian
ini juga diharapkan dapat menjawab penggunaan tangki sepeda motor BBG yang
tetap mengedepankan ergonomis, juga keamaan (safety factor) yang sesuai dengan
standard yang telah ditetapkan.
Desain tangki BBG yang dibuat, kemudian dilakukan uji simulasi statik
pada software Elemen Hingga, dengan tekanan menyesuaikan tekanan dari LPG,
untuk mendapatkan hasil dari Von Misses, Displacement, dan Safety of Factor.
Hasil pengujian untuk tangki sepeda motor bagian atas dengan ketebalan dinding
3,8 mm menghasilkan data maksimum untuk menerima tekanan/pressure maksimal
yang diberlakukan yaitu 91,4 Psi dalam suhu 43,3 °C dengan Safety Factor 4,1 ,
von misses maksimal 1.278e+008 mm, dan displacement maksimum 2.878e-001
mm. Sedangkan pada bagian bawah menghasilkan Safety Factor 4,3 , von misses
maksimal 1.230e + 008 mm, dan displacement maksimum 1.767e-001 mm.
Kata kunci : Pressure Vessel, Metode Elemen Hingga, Desain Tangki BBG
Sepeda Motor, Safety Factor.
Bibliografi : lembar 60
SS00010119 | SK 10119 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain