Text
Peningkatan kemampuan sains melalui sentra bahan alam : penelitian tindakan di TK B Nurul Huda Malang Jawa Timur pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013
ABSTRACT
Penelitian ini mempunyai fokus pada peningkatan kemampuan sains peserta didik melalui sentra bahan alam. Subyek penelitian adalah tujuh belas peserta didik di TK Nurul Huda Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang mengacu model Kemmis & Taggart dengan satu siklus tiga pertemuan. Data kuantitatif merupakan hasil belajar yang menunjukkan perkembangan kemampuan sains yang dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah Proses pembelajaran sains melalui strategi pembelajaran sentra bahan alam dapat menunjukkan adanya tujuh komponen proses sains meliputi mengamati, membandingkan, mengklasifikasi, mengukur, membuat kesimpulan sederhana dan memprediksi dan Strategi pembelajaran sentra bahan alam dapat meningkatkan kemampuan sains peserta didik dari pertemuan ke 1 sampai pertemuan ke 3 dengan rata-rata berturut-turut 2,60; 2,70; dan 2,99 dalam kategori peserta didik berkembang dan persentase ketuntasan juga meningkat dari pertemuan ke 1 sampai pertemuan ke 3 dengan nilai berturut-turut 52,9 %; 76,4 % dan 100 %.
Kata Kunci: Kemampuan Sains, Sentra Bahan Alam
Bibliografi : lembar 294-299
TM00004786 | TM 4786 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain