Text
Pengembangan buku pedoman guru fisika materi efek fotolistrik menggunakan phet simulations dengan pendekatan guided discoveri learning
ABSTRAK
IRENIE FEBRISTIKA NINGTIAS, 2016. “Pengembangan Pedoman Guru Fisika
Materi Efek Fotolistrik Menggunakan PhET Simulations dengan Pendekatan Guided
Discovery Learning”. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Pedoman Guru Fisika yang
dapat digunakan sebagai panduan guru Fisika dalam melaksanakan kegiatan belajar
mengajar di kelas XII SMA/MA materi Efek Fotolistrik menggunakan aplikasi PhET
Simulations. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R&D) yang
merujuk pada pengembangan Borg and Gall. Instrumen penilaian produk dan respon
guru berupa lembar angket yang terdiri atas 4 komponen yaitu kelayakan materi,
penyajian, bahasa, dan grafika. Instrumen penilaian yang akan digunakan
berpedoman pada instrumen penilaian buku panduan pendidik yang diterbitkan oleh
Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk). Berdasarkan hasil penelitian, hasil
uji kelayakan oleh ahli materi diperoleh nilai kelayakan produk sebesar
85,83% dengan interpretasi sangat baik, hasil uji kelayakan oleh ahli media
diperoleh nilai kelayakan produk sebesar 77,46% dengan predikat baik, dan
hasil uji coba produk kepada guru fisika diperoleh nilai sebesar 94,12%
dengan interpretasi sangat baik. Dari hasil uji kelayakan ahli materi, ahli
media, dan uji coba produk pada guru fisika, buku pedoman guru fisika materi
efek fotolistrik menggunakan PhET Simulations dengan pendekatan guided
discovery learning yang telah dikembangkan ini layak digunakan sebagai
panduan guru fisika dalam melaksanakan pembelajaran fisika di kelas XII
SMA/MA.
Kata kunci: Pedoman Guru Fisika, PhET Simulations, Guided Discovery Learning,
Efek Fotolistrik
Bibliografi : lembar 51
SS00010438 | SK 10438 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain