Text
Hubungan antara persepsi siswa tentang lingkungan sekolah dengan minat belajar IPS pada siswa kelas 8 SMP Negeri 109 Jakarta
ABSTRAK
JIHAN SAFIRA. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Lingkungan Sekolah
Dengan Minat Belajar IPS Pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 109 Jakarta.
Penelitian Kuantitatif. Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan fakta yang valid
mengenai hubungan antara Persepsi Siswa Tentang Lingkungan Sekolah Dengan
Minat Belajar IPS Pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 109 Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel yang
digunakan sebanyak 54 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
acak proporsional.
Hasil perhitungan menunjukkan persamaan regresi sebesar Ŷ = 53,515 +
0,593X. Hasil perhitungan normalitas dengan Uji Liliefors diperoleh Lhitung
(0,0709) < Ltabel (0,1205), maka data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas
diperoleh Fhitung (1,227) < Ftabel (1,577), maka variansi sampel adalah homogen.
Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (15,871) > Ftabel (4,0266), maka regresi
berarti. Sedangkan hasil uji linearitas diperoleh hasil perhitungan Fhitung (1,533) <
Ftabel (2,09), maka model persamaan tersebut adalah linear.
Pada perhitungan product moment diperoleh rhitung (0,483) > rtabel (0,2632),
maka terdapat hubungan positif antara variabel X terhadap Y. Hasil pengujian
signifikansi pada taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung (3,979) > ttabel (1,674),
maka terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Uji
koefisien determinasi deieroleh rxy
2 sebesar 0,233 atau sebesar 23,3%. Dari hasil
tersebut diinterprestasikan bahwa minat belajar IPS ditentukan oleh persepsi siswa
terhadap lingkungan sekolah sebesar 23,3% dan sisanya sebesar 76,7% ditentukan
oleh faktor-faktor lain yang tidak dilibatkan daam penelitian ini.
Kata Kunci : Persepsi Siswa, Lingkungan Sekolah, Minat Belajar IPS
Bibliografi : lembar 92-93
SS00010470 | SK 10470 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain