Text
Pelaksanaan strategi pembelajaran pada mata pelajaran IPS : studi kualitatif mengenai pelaksanaan strategi pembelajaran di SMPN 97 Jakarta Timur
ABSTRAK
Dimas Bagus Wicaksono. 2016. Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 97 Jakarta Timur. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi yang digunakan oleh guru IPS di SMPN 97 Jakarta Timur dalam proses mengajar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap, yaitu Januari sampai Juni 2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi. Fokus dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru IPS di SMPN 97 Jakarta Timur. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang mencangkup RPP, silabus, media, metode, dan evaluasi pembelajaran. Instrument penelitian yang digunakan adalah tabel observasi pelaksanaan pembelajaran di kelas, tabel wawancara guru dan siswa, serta peneliti sendiri.
Hasil dari penelitian ini adalah dari ketiga guru IPS di SMPN 97 Jakarta terdapat tiga jenis strategi pembelajaran yang digunakan, yaitu strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran diskusi, dan strategi pembelajaran kontekstual. Silabus dan RPP yang digunakan lebih banyak mengadopsi Dinas Pendidikan. Media pembelajaran yang paling sering diguanakan adalah buku paket dan LKS. Kemudian, untuk evaluasi dilaksanakan secara lisan dan tulisan. Selain itu, faktor pendukung dalam pembelajaran IPS yang paling sering digunakan adalah slide power point dan internet, sedangkan faktor penghambat yang kerap ditemukan adalah rendahnya minat dan motivasi siswa dalam memperlajari pelajaran IPS.
Kata Kunci: Strategi pembelajaran, IPS
Bibliografi : lembar 122-123
SS00010467 | SK 10467 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain