Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams-achievement division (STAD) terhadap hasil belajar siswa : studi quasi eksperimen pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta
ABSTRAK
Fani Nurdianti, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta). Jakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Quasi Eksperimental dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive random sampling, diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-G yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes yang berbentuk tes tertulis. Setelah data terkumpul, maka data akan diolah dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis data. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data yang dilakukan dengan uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, menunjukkan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai thitung = 3,315 dan ttabel = 2,03. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar
Bibliografi : lembar 114-117
SS00010463 | SK 10463 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain