Text
Analisis mental states siswa kelas XI MIA pada materi sistem koloid terintegrasi pendidikan lingkungan hidup
ANALISIS MENTAL STATES SISWA KELAS XI MIA PADA MATERI SISTEM KOLOID TERINTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
Elisa Zulia Fitri
Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
Jalan Pemuda no. 10, Rawamangun 13220, Jakarta, Indonesia
Korespondensi Peneliti. elisafitrizulia1994@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mendapatkan informasi karakteristik mental states siswa pada materi sistem koloid terintegrasi pendidikan lingkungan hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 84 Jakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek Penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 yang berjumlah 30 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner MSCLI (Mental States Conceptual Learning Inventory) yang dieksplorasi lebih mendalam dengan wawancara, reflektif jurnal, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat karakteristik mental states terdapat pada kelas XI MIA 1. Karakteristik yang paling menonjol adalah siswa dengan emosi positif dan minat belajar yang tinggi memiliki representasi mental yang tinggi.
Kata Kunci : Mental States, Sistem Koloid.
Bibliografi : lembar 84-85
SS00010136 | SK 10136 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain