Text
Studi komparatif hasil belajar biologi didasarkan pada persepsi siswa terhadap iklim kelas (classroom environment scaleices) : studi ex post facto pada siswa di SMAN 1 Jakarta
ABSTRAK
CLAUDIA SULFITANIA. Studi Komparatif Hasil Belajar Biologi Didasarkan pada Persepsi Siswa terhadap Iklim Kelas (Classroom Environment Scale/CES): Studi Ex Post Facto pada Siswa di SMAN 1 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Pembelajaran sangat erat kaitannya dalam menentukan hasil belajar siswa. Dalam proses belajar mengajar, guru memiliki peranan penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu indikator tercapainya tujuan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Guru termasuk ke dalam kondisi lingkungan atau iklim kelas. Persepsi siswa terhadap iklim kelas sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi yang didasarkan pada persepsi siswa terhadap iklim kelas (Classroom Environment Scale/CES). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jakarta pada bulan April-Mei 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto melalui studi komparatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA dengan jumlah sampel sebanyak 54 siswa yang dipilih secara Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar biologi dan Classroom Environment Scale (CES). Analisis uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dengan Uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Uji-F. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan melalui Uji-t. Hasil uji-t terhadap hasil belajar biologi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara persepsi positif dan negatif siswa terhadap iklim kelas (Classroom Environment Scale/CES).
Kata Kunci: Hasil belajar biologi, Persepsi siswa, Iklim kelas, Classroom Environment Scale (CES)
Bibliografi : lembar 37-38
SS00010138 | SK 10138 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain