Text
Penerapan pendekatan paikem menggunakan strategi question student have untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang kelas VIII SMPIT Darul Ma'arif
ABSTRAK
ABDUL FATHIR FARUQI Penerapan Pendekatan PAIKEM Menggunakan
Strategi Question Student Have Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep
Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kelas VIII SMPIT Darul
Ma’arif. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Kemampuan pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tujuan
pembelajaran matematika. Namun, berdasarkan hasil tes awal kemampuan
pemahaman konsep matematika yang diberikan kepada siswa di kelas VIII SMPIT
Darul Ma’arif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa termasuk kategori kurang, yaitu 47,88 dari nilai maksimal 100.
Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman
konsep matematika dalam pembelajaran matematika. Salah satu alternatif untuk
mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi adalah dengan menerapkan
pendekatan PAIKEM menggunakan strategi Question Students Have (QSH).
Strategi pembelajaran QSH adalah salah satu dari tipe pembelajaran aktif yang
menekankan pada kemandirian siswa dalam memahami pelajaran dengan cara
mempersiapkan pertanyaan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga
siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
analisis, dan refleksi. Pengecekan keabsahan data dari penelitian kelas ini
menggunakan teknik triangulasi penyidik dan sumber.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kemampuan pemahaman
konsep matematika siswa mengalami peningkatan, baik dilihat dari keenam subjek
penelitian maupun dilihat dari keseluruhan kelas. Rata-rata tes akhir kemampuan
pemahaman konsep matematika keenam subjek penelitian pada siklus I adalah
66,11, pada siklus II meningkat menjadi 72,55, dan pada siklus III meningkat
menjadi 79,63 yaitu berada pada kategori baik, sedangkan nilai rata-rata nilai tes
akhir kemampuan pemahaman konsep matematika seluruh siswa pada siklus I
adalah 59,63, kemudian siklus II meningkat menjadi 67,32, dan pada siklus III
meningkat menjadi 74,07 yaitu berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran QSH dapat
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.
Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Pendekatan PAIKEM,
Strategi Pembelajaran QSH.
Bibliografi : lembar 128-130
SS00010131 | SK 10131 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain