Text
Pengaruh model flipped classroom dalam pembelajaran kimia pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 98 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Quasi Eksperimen Pretest-Posttest Control Grup Design. Sampel penelitian dipilih melalui teknik purvosive sampling dan tentukan XI MIA I sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan model flipped classroom dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol ceramah dan diskusi. Berdasarkan uji t didapatkan thitung sebesar 2,944 dan nilai ttabel sebesar 2,00 dengan dk = 56. Nilai thitung lebih besar dibanding nilai ttabel (thitung> ttabel ) sehingga H0 ditolak pada taraf signifikansi 5%. Pada penelitian ini hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif Model Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga.
Kata kunci
Flipped classroom, Hasil Belajar, dan Larutan Penyangga
Bibliografi : lembar 53-55
SS00010134 | SK 10134 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain