Text
Pengaruh minat belajar dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Bina Warga 2 Bogor
ABSTRAK
DEWI WINDA HUTAPEA, Pengaruh Minat Belajar dan Kesulitan Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Bina Warga 2 Bogor. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang tepat dan dapat dipercaya tentang seberapa jauh pengaruh minat belajar dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Bina Warga 2 Bogor. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan terhitung Mei 2016 sampai Juli 2016. Adapun metode
penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif, Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan menyebarkan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Bina Warga 2 Bogor yang berjumlah 79 siswa. Sampel diambil sebanyak 58 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji
hipotesis yang terdiri atas uji F dan uji t, dan uji koefisien determinasi. Adapun persamaan regresi yang didapat adalah Ỳ = 60,664+6,044X1-2,268X2. Selanjutnya adalah uji F, dengan nilai Fhitung sebesar (29,891) > Ftabel sebesar (3,17) ini berarti Minat Belajar dan Kesulitan Belajar berpengaruh signifikan
terhadap Prestasi Belajar. Uji t membandingkan X1 dan X2 terhadap Y secara parsial, dimana thitung > ttabel, maka pengaruhnya signifikan. Diperoleh thitung sebesar (6,044) > ttabel sebesar (2,004), berarti pengaruhnya positif dan signifikan.
Variabel Kesulitan Belajar memiliki thitung sebesar – (2,268) > ttabel sebesar –(2,004), berarti pengaruhnya negatif dan signifikan. Pada uji koefisien determinasi nilai R square sebesar 0,521 atau 52,1%, menunjukkan bahwa Prestasi Belajar (Y)
dipengaruhi oleh Minat Belajar (X1) dan Kesulitan Belajar (X2) sebesar 52,1% atau pengaruhnya dalam kategori sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara Minat Belajar dan Kesulitan Belajar terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas XI SMK Bina Warga 2 Bogor. Dimana jika semakin tinggi minat belajar siswa maka akan semakin tinggi prestasi belajar yang diraihnya. Berbeda dengan kesulitan belajar jika semakin tinggi kesulitan belajar yang dihadapi siswa maka prestasi belajar siswa akan menurun.
Kata Kunci : Minat Belajar, Kesulitan Belajar, Prestasi Belajar
Bibliografi : lembar 96-98
SS00010141 | SK 10141 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain