Text
Peran program pembinaan fasilitas dinas koperasi dan umkm di dalam meningkatkan keberdayaan pedagang kaki lima di gang selot kota Bogor
PERAN PROGRAM PEMBINAAN FASILITASI DINAS KOPERASI DAN
UMKM DI DALAM MENINGKATKAN KEBERDAYAAN PEDAGANG KAKI
LIMA DI GANG SELOT, KOTA BOGOR (2016) VIDIA SARI ARIYANI
ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini yaitu banyaknya pedagang kaki lima di Kota
Bogor yang tidak terorganisasi dengan baik sehingga tak jarang
menimbulkan kemacetan, ini disebabkan karena mereka berjualan di trotoar
yang sebenarnya merupakan tempat pejalan kaki. Tujuan penelitian ini untuk
memperoleh informasi mengenai peningkatan keberdayaan PKL setelah
mengikuti program pembinaan fasilitasi serta mengetahui bagaimana PKL
tersebut mengaplikasikan ilmu yang didapatkan pada kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik analisis data
deskriftif, dan menggunakan teknik sampel metode sampling jenuh, jumlah
sampel sebanyak 30 orang. Peneliti menggunakan angket sebagai sumber
utama dan wawancara sebagai sumber data pendukung yang berfungsi
memperjelas setiap item pernyataan yang terdapat pada angket
Hasil penelitian yang diperoleh secara menyeluruh dari pengolahan data
kuesioner dan wawancara yaitu: (1)Responden mendapatkan pengetahuan
mengenai lembaga pemberi modal, penataan produk, pemeliharaan alat-alat
produksi dengan nilai 80% (2)Responden mengalami berbagai perubahan,
diantaranya: perubahan tingkah laku, perubahan nilai ekonomi, dengan nilai
92,23%, (3)Responden mendapatkan berbagai macam pelatihan sehingga
mampu meningkatkan keterampilan PKL dalam berinovasi dengan nilai
83,33% (4)semua responden kerja sama dalam mempromosikan Gang Selot
sebagai surga bagi pelancong kuliner di Bogor, dan (5)Responden merasa
keberdayaan yang dirasakan memperoleh nilai 100%.
Disimpulkan bahwa setelah mengikuti program pemberdayaan khususnya
program pembinaan fasilitasi, PKL merasakan adanya perubahan dan
mengalami peningkatan keberdayaan. Serta mampu menerapkan
pengetahuan yang didapatkan pada kehidupan sehari-hari
Kata Kunci: Pedagang Kaki Lima, Keberdayaan, Pembinaan Fasilitasi
Bibliografi : lembar 135-136
SS00010156 | SK 10156 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain