Text
Implikasi keberadaan sekolah anak jalanan (S.A.J.A.) sebagai agen pemerataan pendidikan bagi anak jalanan
ABSTRAK
DINA MARIA. Implikasi Keberadaan Sekolah Anak Jalanan (S.A.J.A) sebagai Agen
Pemerataan Pendidikan bagi Anak Jalanan. Skripsi. Jakarta. Program Studi
Pendidikan Sosiologi. Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri
Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Sekolah Anak Jalanan
(S.A.J.A) dalam memberikan pendidikan bagi anak jalanan. Faktor yang
mempengaruhi keberadaan Sekolah Anak Jalanan (S.A.J.A) dalam menyediakan
pendidikan anak jalanan. Serta menganalisis Sekolah Anak Jalanan (S.A.J.A) dilihat
sebagai agen pemerataan pendidikan bagi anak jalanan.
Pendakatan yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan studi kasus intrinsik, dengan pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Subjek penelitiannya
adalah Kepala Sekolah, 4 orang guru, 5 orang murid, dan 3 orangtua murid, dan satu
tokoh masyarakat. Penelitian ini juga menggunakan data sekunder yaitu dokumentasi
mengenai kegiatan pembelajaran di Sekolah Anak Jalanan (S.A.J.A).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SAJA mensosialisasikan bahwa melalui
pendidikan, anak dapat memperoleh kepandaian, keterampilan, serta pembentukan
sikap dan tingkah laku kepada orangtua anak jalanan. SAJA juga mensosialisasikan
keberadaan SAJA sebagai agen penyedia pendidikan pada anak jalanan di Petak
Asem. Bentuk tindakan mereka sebagai agen penyedia pendidikan terlihat dari materi
pembelajaran yang diberikan sekolah SAJA. Materi tersebut diberikan kepada anak
tingkat pendidikan TK sampai SMP. Berbagai respon diberikan oleh peserta didik
dan masyarakat atas tindakannya dalam menyediakan pendidikan. Seperti adanya
harapan sekolah SAJA memberdayakan kaum dewasa dan meningkatkan kualitas
pendidikan anak. Selain itu sekolah SAJA diharapkan dapat menyediakan pendidikan
SD, SMP, dan SMA serta meningkatkan mutu pendidikannya. Namun diantara
berbagai kritik dan masukan yang dilontarkan, adanya wujud terima kasih dari
berbagai pihak kepada sekolah SAJA.
Kata Kunci : Anak Jalanan, Pendidikan Non Formal, Agen Pemerataan
Pendidikan.
Bibliografi : lembar 158-160
SS00010161 | SK 10161 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain