Text
Pemikiran pendidikan politik Mohammad Hatta : membangun demokrasi sosial dan kedaulatan rakyat
ABSTRAK
Surya Chandra Jayaatmaja. Pemikiran Pendidikan Politik Mohammad Hatta:
Membangun Demokrasi, Masyarakat Madani, Ekonomi Kerakyatan. Skripsi
Pendidikan Sosiologi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri
Jakarta. 2016
Skripsi ini mendeskripsikan pemikiran pendidikan politik Mohammad Hatta yang
tersebar di dalam tulisan-tulisannya baik dalam buku maupun majalah dan diberbagai
kesempatan pidatonya. Dalam usaha mendeskripsikan pemikiran pendidikan politik
tersebut dilakukan juga sebuah eksplorasi terhadap tindakan-tindakan atau praktekpraktek
pendidikan yang telah dilakukan Mohammad Hatta. Studi sebelumnya lebih
banyak membicarakan peran dan sejarah Mohammad Hatta dalam pergerakan
nasional dan sumbangsihnya dalam kepemimpinan pasca kemerdekaan. Disisi lain
terdapat juga beberapa studi yang membahas pemikiran ekonomi Mohammad Hatta
secara kontekstual maupun dikaitkan dengan perspektif ekonomi islam. Studi-studi
yang telah dilakukan tersebut menimbulkan kelemahan dalam ruang ilmiah, beberapa
diantaranya adalah terlalu mensimplifikasikan pemikiran Mohammad Hatta sebagai
seorang ekonom. Berdasarkan pemaparan tersebut, terlihat bahwa penelitian
kepustakaan (library research) ini berusaha untuk mendalami dan mengkaji
bagaimana pemikiran Mohammad Hatta tentang pendidikan politik. Untuk
menunjang penelitian tersebut penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan studi
kepustakaan yang dilakukan terhadap sumber primer dan sekunder. Kemudian
metode analisis yang digunakan ialah deskripsi dan interpretasi. Dengan demikian
penelitian ini diharapkan dapat memberi gambaran yang jelas mengenai pemikiran
Mohammad Hatta tentang pendidikan politik.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa konsepsi pendidikan
politik Mohammad Hatta berangkat dari kesadaran politiknya tentang kolonialisme
yang terkonstruksi melalui pengalaman sosial dan pengalaman intelektualnya. Lebih
jauh konsepsi pendidikan politik Mohammad Hatta juga tidak bisa dilepaskan dari
dasar pemikirannya tentang kedaulatan rakyat sebagai bentuk pemerintahan yang di
idealkan olehnya. Dalam upaya mewujudkan cita-cita kedaulatan rakyat tersebut
Hatta mengemukakan pentingnya pendidikan politik kepada rakyat dalam kehidupan
berbangsa. Konsepsi pendidikan politik Hatta ini teraktualisasi dalam tiga aspek
kehidupan rakyat, yaitu politik, ekonomi, dan sosial. Di aspek politik rakyat dididik
untuk menjadi warga negara yang aktif dan bertanggung jawab. Di aspek ekonomi
rakyat dididik melalui kooperasi dan pendidikan dagang untuk dapat bekerjasama dan
mencintai sesama melalui kegiatan ekonomi yang kooperatif serta memberikan
pemberdayaan kepada rakyat, terutama pedagang-pedagang kecil. Di aspek sosial
Hatta menekankan pentingnya pembangunan sikap kepemimpinan
Kata Kunci : Pendidikan Politik, Mohammad Hatta, Kedaulatan Rakyat
Bibliografi : lembar 268-273
SS00010166 | SK 10166 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain