Text
Peningkatan kecerdasan natural pada pembelajaran IPA melalui pendekatan STS (Science technology and society) di kelas IV SDN Kedaung Kaliangke 03 Pagi
MAGFIROTURROHMAH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode pendekatan STS (Science Technology and Society) dalam pembelajaran IPA dapatmeningkatkan kecerdasan natural siswa kelas IV SD.Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kedaung Kaliangke 03 Pagi, semester IITahun pelajaran 2012-2013. Metode yang digunakan adalah metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Taggart, melalui tahap perencanaa, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Penelitian ini ditempuh dalm dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes(instrumen pemantauan tindakan dan catatan lapangan). Validitas dihitung dengan Pearson-Product moment dan reabilitas dengan Kr-20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kecerdasan naturaldalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan STS (Science Technology and Society). Pada siklus I prosentase tes kecerdasan natural IPA 60 %. Pada siklus II menjadi 100%. Berdasarkan hasil pemantauan tindakan pada aktivitas guru dan siswa prosentase pada siklus I pertemuan pertama adalah 67 % dan 89% pada pertemuan kedua. Pada siklus II prosentase 94% pada pertemuan pertama dan meningkat 100% pada pertemuan kedua. Implikasi dari penelitian ini adalah kecerdasan natural siswa akan semakin baik jika pembelajaran dengan menerapkan pendekatan STS (Science Technology and Society) semakin baik. Berdasarkan hal tersebut disarankan agar pendekatan STS digunakan sebagai salah satu metode yang menjadi bahan pertimbangan guru untuk digunakan dalam pembelajaran IPA.
Kata kunci : STS (Science Technology and Society), kecerdasan natural siswa.
Bibliografi : lembar 146-147
TM00004628 | TM 4628 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain