Text
Kualitas pelayanan museum Bank Indonesia bagi kepuasan pengunjung pelajar tingkat MA/SMA/SMK se-derajat
ABSTRAK
Tri Satria. Kualitas Pelayanan Museum Bank Indonesia Bagi
Kepuasaan Pengunjung Pelajar Tingkat MA/SMA/SMK Se-derajat. Skripsi.
Jakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Jurusan Ilmu
Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta.
Tujuan Penelitian untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari aspek
kualitas pelayanan Museum Bank Indonesia bagi kepuasaan pengunjung pelajar
tingkat MA/SMA/SMK se-derajat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriptif. Populasi penelitian ini menggunakan pendekatan survei pada 81
responden pelajar yang diambil secara acak (Accidental random sampling) di
tingkat pendidikan MA/SMA/SMK se-derajat.
Hasil Penelitian ini menunjukkan pada Museum Bank Indonesia memiliki
aspek kualitas pelayanan sebesar 74,2 % yang terdiri dari aspek fisik (tangibles)
sebesar 85 %, kehandalan (realibillity) sebesar 70 %, ketanggapan (responsivness)
sebesar 65 %, empati (empathy) sebesar 70 % dan jaminan (assurance) sebesar 82
% sedangkan aspek kepuasaan pengunjung pelajar sebesar 80 % yang terdiri dari
aspek kepuasaan terhadap produk jasa (attributes relacted to products) sebesar 85
%, kepuasaan terhadap pelayanan jasa (attributtes relacted to service) sebesar 72
% dan kepuasaan terhadap sistem pengelolaan (attributes relacted to purchase)
sebesar 83 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan Museum BI
memberikan kualitas pelayanan dengan kategori “Baik” dan memberikan
kepuasaan pengunjung pelajar tingkat MA/SMA/SMK se-derajat dengan kategori
“memuaskan”.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasaan Pengunjung
Bibliografi : lembar 106-107
SS00010184 | SK 10184 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain