Text
Upaya meningkatkan kemampuan representasi matematika melalui model pembelajaran kooperatif thing talk write (TTW) pada materi segitiga dan segiempat di kelas VII E SMP Negeri 20 Jakarta
ABSTRAK
SURYADI, Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika melalui
Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) pada Materi Segitiga
dan Segiempat di Kelas VII E SMP Negeri 20 Jakarta. SKRIPSI. Program Studi
Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes pra penelitian kemampuan
representasi matematika siswa yang diakukan di kelas VII E SMP Negeri 20
Jakarta menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematika termasuk
kategori rendah, yaitu 40 dari nilai maksimal 100, oleh karena itu diperlukan
upaya untuk meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa. Salah satu
upaya untuk mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi adalah menggunakan
model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW). Model TTW terdiri dari
tiga tahap, yaitu Think (Berpikir), Talk (Berbicara) dan Write (Menulis), masingmasing
tahapan dapat meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa
dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan representasi matematika pada materi segitiga dan segiempat kelas VII
E SMP Negeri 20 Jakarta melalui model pembelajaran kooperatif Think Talk
Write (TTW).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (clasroom action
research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat
tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Setiap siklus
menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW). Siswa
juga diberikan tes akhir pada setiap siklus untuk mengukur kemampuan
representasi matematika. Penelitian ini berlangsung dari bulan April hingga Mei
2016 di kelas VII E SMP Negeri 20 Jakarta tahun ajaran 2015/2016 dengan
jumlah siswa 36 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) dapat
meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa. Hal tersebut
ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata tes kemampuan representasi
matematika di setiap siklusnya. Rata-rata nilai kemampuan representasi
matematika siswa kelas VII E SMP Negeri 20 Jakarta pada siklus I adalah 46,05,
pada siklus II meningkat menjadi 67,17 dan pada siklus III meningkat menjadi
84,03. Kemudian jumlah siswa yang nilai kemampuan representasi matematika
mencapai atau melebihi 72 juga mengalami peningkatan. Pada siklus I sebanyak
5,56% siswa, pada siklus II meningkat menjadi 33,33% siswa dan pada siklus III
meningkat menjadi 91,67% siswa.
Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematika, Model Pembelajaran TTW
Bibliografi : lembar 153-155
SS00010370 | SK 10370 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain