Text
Hubungan antara minat melanjutkan ke pendidikan tinggi dengan prestasi belajar siswa kelas XII jurusan teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 54 Jakarta
ABSTRAK
Robert. Hubungan Antara Minat Melanjutkan ke Pendidikan Tinggi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 54 Jakarta. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara minat melanjutkan ke pendidikan tinggi dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 54 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 54 Jakarta. Populasi sebanyak 108 siswa (dari 4 kelas jurusan teknik kendaraan ringan di SMKN 54). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling yaitu berjumlah 84 siswa. Minat melanjutkan ke pendidikan tinggi didapat dari siswa melalui seperangkat angket yang telah di uji coba dan dan dinyatakan valid dengan rhitung > rtabel, dan reliabilitas (r11 = 0,926) sedangkan prestasi belajar siswa didapat dari dokumentasi sekolah.
Teknik analisis data dimulai dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji liliefors. Hasil uji normalitas dari data minat melanjutkan ke pendidikan tinggi ialah L0 = 0,0557 < Lt = 0, 0967 yang artinya data berdistribusi normal. Data hasil uji normalitas prestasi belajar ialah L0 = 0, 0912 < Lt = 0,0967 yang artinya data berdistribusi normal. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji koefisien korelasi product moment diperoleh rxy = 0,481 maka ini berarti terdapat hubungan positif antara minat melanjutkan ke pendidikan tinggi dengan prestasi belajar. Berdasarkan perhitungan uji-t diketahui thitung > ttabel yaitu 4,97 > 1,66365. Ini menunjukkan terdapat hubungan yang berarti (signifikan) antara minat melanjutkan ke pendidikan tinggi dengan prestasi belajar. Sedangkan berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 23,11%, yang menunjukkan besarnya kontribusi minat melanjutkan ke pendidikan tinggi dengan prestasi belajar sebesar 23,11%. Hasil penelitian ini telah menunjukkan adanya hubungan yang positif antara minat melanjutkan ke pendidikan tinggi dengan prestasi belajar siswa kelas XII jurusan teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 54 Jakarta. Hal ini berarti bahwa jika semakin tinggi minat siswa dalam melanjutkan ke pendidikan tinggi maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar dan sebaliknya jika minat melanjutkan ke pendidikan tinggi rendah maka rendah pula prestasi belajarnya.
Kata Kunci : minat, pendidikan tinggi, prestasi belajar
Bibliografi : lembar 74-75
SS00010498 | SK 10498 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain