Text
Hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru mata pelajaran teknik pemesinan frais dengan hasil belajar mata pelajaran teknik pemesinan frais siswa kelas XI, TPM di SMK Malaka
ABSTRAK
GALIH PRAKOSO, Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Frais Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Frais Siswa Kelas XI TPM di SMK MALAKA. Skripsi. Jakarta. Program Studi S-1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2016
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru mata pelajaran teknik pemesinan frais dengan hasil belajar mata pelajaran teknik pemesinan frais siswa kelas XI TPM di SMK MALAKA Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Expost Facto dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Pemesinan di SMK MALAKA Jakarta yang berjumlah 60 orang dengan keseluruhan populasi yang menjadi sampel sebanyak 60 orang siswa, sebab populasi yang terdapat dalam penelitian ini kurang dari 100 orang maka keseluruhan populasi dijadikan sampel. Persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru didapat dari siswa menggunakan kuesioner yang telah diuji coba dan dinyatakan valid dengan rhitung > rtabel (0,361), dan reliabilitas (r11 = 906). Hasil belajar siswa didapat dari dokumentasi sekolah.
Teknik analisis data dimulai dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas menggunakan uji fisher, serta analisis regresi. Hasil uji normalitas dari data persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru adalah L0 = 0,0836 < Ltabel = 0,1144 yang artinya data berdistribusi normal. Data hasil uji normalitas hasil belajar adalah L0 = 0,0830 < Ltabel = 0,1144 yang artinya data berdistribusi normal, Hasil uji homogenitas menunjukan Fhitung < Ftabel (1,536 < 1,88) yang berarti bahwa hipotesis H0 diterima dan dapat disimpulkan bahwa kedua kelas merupakan populasi yang homogen. Uji hipotesis digunakan uji koefisien korelasi, uji keberartian koefisien korelasi (uji-t) dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada hubungan positif antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil anaisis yang menunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0, 508, kemudian nilai dari thitung sebesar 4,49 lebih besar dari ttabel sebesar 2,00, serta koefisien determinasi sebesar 25,81% dengan taraf signifikan sebesar 5%. Hal ini berarti bahwa semakin besar persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru maka semakin tinggi hasil belajar siswa dan sebaliknya.
Kata Kunci : persepsi, keterampilan mengajar guru, hasil belajar
Bibliografi : lembar 62-63
SS00010497 | SK 10497 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain