Text
Penerapan sistem poin pelanggaran sebagai bentuk hukuman siswa di sekolah : studi kasus di sekolah SMP Negeri 192 Jakarta
ABSTRAK
Adam Darmawan. Penerapan Sistem Poin Pelanggaran Sebagai Bentuk Hukuman Siswa di Sekolah (Studi Kasus di Sekolah SMP Negeri 192 Jakarta) Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan sistem poin pelanggaran yang terjadi di SMP Negeri 192 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan sistem poin pelanggaran yang di sekolah, selain itu penelitian ini juga ingin mengetahui berbagai dampak yang diberikan dari adanya penerapan sistem poin di sekolah bagi siswanya.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian yaitu di SMP Negeri 192 Jakarta, yang berlokasi di Jalan Kramat IV No. 100 Cipayung, Jakarta Timur. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Subjek penelitian antara lain Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan yang berjumlah 2 informan, serta 4 informan siswa terkait yang terkena dampaknya dijadikan sebagai informan kunci. Selain itu terdapat pula informan tambahan terdiri dari 2 pihak guru, 1 wali kelas serta 1 wali murid sebagai bahan triangulasi data.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa sistem poin pelanggaran yang diterapkan SMP Negeri 192 dimulai pada awal tahun ajaran 2002/2003. Pelaksanaan poin pelanggaran tersebut dilakukan melalui tiga tahapan peringatan, peringatan pertama ketika siswa mencapai poin 30 maka siswa akan mendapat pemanggilan orang tua, tahap kedua ketika siswa mencapai poin 60 siswa akan mendapat peringatan kedua, serta tahap ketiga terdapat pada poin 90 maka siswa akan mendapat peringatan terakhir. Menurut perspektif kontrol, sistem poin pelanggaran adalah kontrol sosial eksternal yang dapat dijadikan siswa untuk berperilaku taat tata tertib. Terdapat berbagai dampak yang diterima siswa dari sistem poin pelanggaran yang ada, hal ini sesuain dengan respon yang diberikan siswa. Ketika siswa merespon dengan baik sistem poin memiliki dampak positif terhadap dirinya, sebaliknya siswa yang merespon dengan cara melanggar akan lebih mendapatkan dampak negatif akan dirinya.
Kata Kunci :, Pelanggaran, Hukuman Siswa, Sistem Poin, Kontrol Sosial
Bibliografi : lembar 94-95
SS00010190 | SK 10190 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain