Text
Peran guru pendidikan agama islam (PAI) dalam mengembangkan empati siswa : studi kasus SMAN 26 Jakarta
ABSTRAK PEBRIYANTO, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Empati Siswa (Studi Kasus SMAN 26 Jakarta). Jakarta: Program Studi Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Empati Siswa. serta untuk mengetahui tingkat empati siswa dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan empati siswa. Teori yang digunakan yaitu teori Empati Daniel Goleman dan Elizabeth B Hurlock, sedangkan konsep PAI dan guru PAI diambil dari beberapa pakar lainnya seperti Syaiful Bahri Djamarah dan Zakiah Drajat. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan pengumpulan data dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, studi dokumentasi serta angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, peranan guru PAI dalam mengembangkan empati siswa sangat penting, peranannya tersebut dalam bentuk bimbingan, pembinaan dan pengajaran kepada siswa, baik dengan metode pembelajaran di kelas, interaksi guru dengan siswa serta pengimplikasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam kehidupan sehari-hari dan Kedua, tingkat empati siswa di SMAN 26 Jakarta Bagus berdasarkan observasi peneliti dan dari beberapa argumen dari informan serta hasil penyebaran angket oleh peneliti. Ketiga, upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan empati siswa yaitu dengan cara menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan siswa, melakukan pembiasaan diri siswa serta koordinasi dengan Wali Kelas, guru Bimbingan Konseling dan Orang tua siswa. Faktor-faktor pengembangan empati dalam diri siswa selain guru PAI di sekolah adalah, kelurga, teman dekat siswa, lingkungan sekolah maupun tempat tinggal, media sosial serta acara-acara film di Televisi yang berpengaruh juga terhadap pengembangan empati siswa. Kata Kunci: Peran guru PAI, Pembelajaran PAI, Empati siswa, Faktor Pengembangan Empati.
Bibliografi : lembar 88-89
SS00010504 | SK 10504 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain