Text
Pengaruh teknik penilaian dan bentuk penugasan terhadap hasil belajar Ulumul Hadist : eksperimen di STAIN Sultan Qaimuddin Kendari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik penilaian dan bentuk penugasan terhadap hasil belajar ulumul hadits. Penelitian ini dilakukan pada Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syariah STAIN Sultan Qaimuddin Kendari menggunakan multi stage random sampling yang dilakukan kepada 80 peserta didik. Pengambilan data diperoleh melalaui tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan Anava dua jalur dengan desain treatment by factor 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar ulumul hadits peserta didik yang diberi penilaian portofolio lebih tinggi dari kelompok yang diberi penilaian tes tertulis, 2) hasil belajar ulumul hadits peserta didik yang diberi penugasan kelompok lebih tinggi dari kelompok yang diberi penugasan individiu, 3) terdapat pengaruh interaksi antara teknik penilaian dan bentuk penugasan terhadap hasil belajar ulumul hadits peserta didik, 4) khusus pada kelompok peserta didik yang diberi penugasan kelompok, hasil belajar ulumul hadits peserta didik yang diberi penilaian portofolio lebih tinggi dari kelompok yang diberi penilaian tes tertulis, 5) khusus pada kelompok peserta didik yang diberi penugasan individu, hasil belajar ulumul hadits peserta didik yang diberi penilaian portofolio lebih rendah dari hasil belajar ulumul hadits peserta didik yang diberi penilaian tes tertulis, 6) khusus kelompok peserta didik yang diberi penilaian portofolio, hasil belajar ulumul hadits peserta didik yang diberi penugasan kelompok lebih tinggi dari kelompok yang diberi penugasan individu, dan 7) khusus kelompok peserta didik yang diberi penilaian tes tertulis, hasil belajar ulumul hadits peserta didik yang diberi peserta didik yang diberi penugasan kelompok lebih rendah dari kelompok yang diberi penugasan individu. Dengan demikian jika ingin meningkatkan hasil belajar ulumul hadits peserta didik, maka penggunaan teknik penilaian portofolio dan penugasan kelompok terbukti lebih efektif meningkatkan hasil belajar ulumul hadits peserta didik.
Kata kunci: teknik penilaian, bentuk penugasan, hasil belajar ulumul hadits
Bibliografi : lembar 136-140
TM00004586 | TM 4586 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain