Text
Pengaruh stres situasi kerja terhadap psychological well-being pada guru honorer madrasah Ibtidaiyah (MI) di kota Tangerang
Pengaruh Stres Situasi Kerja terhadap Psychological Well-being pada Guru Honorer Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kota Tangerang
(2016)
RAISATA MAKBULAH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres situasi kerja terhadap psychological well-being. Populasi dalam penelitian ini adalah guru honorer Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel guru honorer MI di Kota Tangerang berjumlah 55 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling dengan jumlah responden sebanyak 55 orang. Penelitian ini menggunakan dua buah skala yaitu skala psychological well-being dan skala stres yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan teori-teori stres yang dikemukakan oleh Robbins & Judge (2013), Gibson, Ivancevich, Donnelly & Konopaske (2012) dan Newstrom & Davis (2002). Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai F hitung 7,708 > F Tabel 4,03 dengan nilai p = 0,008 (p < 0,05). Artinya bahwa terdapat pengaruh antara stres situasi kerja terhadap psychological well-being pada guru honorer Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kota Tangerang. Pengaruh yang dihasilkan bersifat negatif, artinya jika tingkat stres situasi kerja tinggi, maka tingkat psychological well-being akan rendah.
Kata Kunci : stres situasi kerja, psychological well-being
Bibliografi : lembar 67-70
SS00010524 | SK 10524 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain