Text
Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui penggunaan media gambar seri siswa kelas III SD penabur Kelapa Gading Jakarta Utara : penelitian tindakan di SD Penabur Kelapa Gading Jakarta Utara
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi
melalui penggunaan media gambar seri.
Penelitian ini dilaksanakan di SD PENABUR Kelapa Gading mulai bulan
Januari-April 2016 dengan subjek penelitian sebanyak 26 orang siswa kelas III.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan model Kemmis dan
McTaggart yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi,
dan refleksi.
Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, dokumentasi,
dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif model Miles &
Huberman yang meliputi reduksi, display, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia
dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan
menulis narasi siswa. Peneliti melakukan perbandingan antara kemampuan
menulis cerita pendek pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil tes
tersebut, pasa siklus I memperlihatkan bahwa kemampuan menulis narasi
belum memuaskan, hal ini terlihat dari nilai siswa yang mendapatkan nilai
dibawah KKM (75) ada 12 siswa. artinya siswa yang mencapai kriteria
ketuntasan minimal (KKM) hanya 53,8 % dari 26 siswa. Sedangkan pada
siklus II penguasaan siswa terhadap materi pelajaran lebih baik dan
memuaskan yaitu siswa yang mendapatkan nilai dibawah 75 ada 4 siswa,
artinya siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) telah
mencapai 84,6 % dari 26 siswa.
Bibliografi : lembar 125-127
TM00001958 | TM 1958 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain