Text
Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode kooperatif dengan teknik group investigation di kelas III SDN Pondok Kopi 02 Jakarta Timur
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses dan hasil
belajar ilmu pengetahuan sosial melalui metode kooperatif dengan teknik
Group Investigation. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis
dan Taggart dengan subyek penelitian adalah 27 siswa kelas III Sekolah
Dasar Negeri Pondok Kopi 02. Penelitian ini dilakukan dari Januari 2016
sampai Maret 2016. Penelitian ini dilakukan selama 6 pertemuan yang
terbagi dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui data
tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis data kualitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menjelaskan
2
hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar
siswa pada anak-anak setelah pembelajaran diikuti dengan menggunakan
metode grup investigasi. Pada pra siklus, siklus I dan II mengalami
peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar
ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas III sekolah dasar yang dilakukan
melalui metode kooperatif dengan teknik Group Investigation.
Bibliogragfi : lembar 171-175
TM00001960 | TM 1960 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain