Text
Pengaruh metode cooperative learning dan jenis portofolio terhadap kemampuan pemahaman matematika : studi eksperimen di Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus 2 kecamatan Karawaci kota Tanggerang
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode cooperative
Learning dan jenis portofolio terhadap kemampuan pemahaman matematika.
Penelitian ini dilakukan di SDN Karawaci 5 pada kelas V semester dua tahun
pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dianalisis
menggunakan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan
pemahaman matematika antara siswa yang menggunakan metode
Cooperative Learning tipe TGT dan STAD; 2) perbedaan kemampuan
pemahaman matematika antara siswa yang diberi portofolio jenis tampilan
dan dokumen; 3) pengaruh interaksi antara metode Cooperative Learning
dan jenis portofolio terhadap kemampuan pemahaman matematika. Hal ini
berarti penggunaan metode Cooperative Learning dan jenis portofolio
mempunyai pengaruh yang efektif terhadap kemampuan pemahaman
matematika sangat bergantung pada jenis portofolionya; 4Kemampuan
pemahaman matematika yang diajar menggunakan metode Cooperative
Learning tipe TGT lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman matematika
yang diajar menggunakan tipe STAD untuk siswa yang mengunakan
portofolio tampilan; 5) Kemampuan pemahaman matematika siswa yang
menggunakan metode Cooperative Learning tipe STAD lebih baik dari
metode Cooperative Learning TGT pada siswa yang diberi portofolio jenis
dokumen; 6) Kemampuan pemahaman matematika siswa yang
menggunakan metode Cooperative Learning Tipe TGT yang diberi portofolio
jenis tampilan lebih tinggi dari siswa yang diberi portofolio tipe dokumen; 7)
Kemampuan pemahaman matematika untuk siswa yang menggunakan
metode Cooperative Learning Tipe STAD yang diberi portofolio bentuk
dokumen lebih baik dari siswa yang diberi portofolio bentuk tampilan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa metode cooperative learning dan jenis
portofolio dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika.
Kata Kunci: metode cooperative learning, metode teams games
tournament (TGT), metode student team achievement
divisions (STAD), jenis portofolio, portofolio jenis tampilan,
portofolio jenis dokumen, kemampuan pemahaman
matematika.
Bibliografi : lembar 159-162
TM00001967 | TM 1967 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain