Text
Hubungan penggunaan media pembelajaran dan minat belajar dengan hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) di kelas V SDN Gugus 01 Jayasakti kecamatan Muaragembong
HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT
BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
DI KELAS V SDN GUGUS 1 JAYASAKTI
KECAMATAN MUARAGEMBONG
(2016)
WAWAN
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara
penggunaan media pembelajaran dan minat belajar dengan hasil belajar IPA
siswa. Data dikumpulkan melalui cara survei, yang melibatkan 120 siswa
kelas V di SDN Gugus 01 Jayasakti Muaragembong Bekasi sebagai
responden yang dipilih melalui simple random sampling. Data dikumpulkan
melalui kuesioner. Analisis data menggunakan korelasi dan regresi linier.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) penggunaan media pembelajaran memiliki
hubungan positif dengan hasil belajar IPA, (2) minat belajar memiliki
hubungan positif dengan hasil belajar IPA, (3) penggunaan media
pembelajaran dan minat belajar secara bersama-sama memiliki hubungan
positif dengan hasil belajar IPA. Dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar IPA
siswa dapat ditingkatkan dengan meningkatkan penggunaan media
pembelajaran dan minat belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Penggunaan Media Pembelajaran, Minat
Belajar.
Bibliografi : lembar 125-128
TM00001966 | TM 1966 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain