Text
Hubungan model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika
HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI
BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Studi Korelasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan
Muaragembong Kabupaten Bekasi
(2016)
CAHYADI
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara model
pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar dengan hasil belajar
Matematika siswa. Penelitian dilaksanakan melalui metode survei, yang
melibatkan 130 siswa di SDN Gugus 03 Muaragembong Bekasi sebagai
responden yang dipilih melalui simple random sampling, yaitu peneliti dalam
memilih sampel dengan memberika kesempatan yang sama kepada semua
anggota populasi untuk ditetapkan sebagai anggota. Data dikumpulkan
melalui kuesioner. Analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi
linier. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran kooperatif
memiliki hubungan yang positif dengan hasil belajar Matematika, (2) motivasi
belajar memiliki hubungan yang positif dengan hasil belajar Matematika, (3)
model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar secara bersama-sama
memiliki hubungan positif secara bersama-sama dengan hasil belajar
Matematika. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar
Matematika siswa kelas V SDN Gugus 03 Muaragembong Kabupaten Bekasi
dapat ditingkatkan dengan meningkatkan intensitas penggunaan model
pembelajaran kooperatif dan mempertinggi motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil belajar matematika, model pembelajaran kooperatif,
motivasi belajar.
Bibliografi : lembar 131-135
TM00001965 | TM 1965 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain