Text
Peningkatan hasil belajar servis bawah bola voli melalui modifikasi bola karet terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ogan Komering Ulu
ABSTRAK
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang kurang efektif dalam proses pembelajaran servis bawah bola voli sehingga hasil belajar siswa tidak optimal. Rumusan masalah tersebut diteliti melalui media modifikasi alat berupa bola karet dan bet tenis meja. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli melalui media modifikasi alat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil tes menggunakan instrument tes gerak dasar servis bawah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Objek penelitian menggunakan media modifkasi alat sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Ogan Komering Ulu pada semester dua tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan adalah 40 siswa yang terdiri dari 8 siswa putra dan 32 siswa putri. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil tes instrument penilaian ditampilkan siswa saat pelaksanaan tes. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus 1 dan siklus 2, baik dari penigkatan nilai rata-rata pembelajaran servis bawah maupun nilai ketuntasan hasil belajar.
Peningkatan kemampuan gerak pada pembelajaran servis bawah awal dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar sebesar 42,5%, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 nilai belajar siswa yang tuntas sebanyak 29 dari 40 siswa (72,5%) dan pada siklus 2 siswa yang tuntas sebanyak 34 dari 40 siswa keseluruhan (85%). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media modifikasi alat berupa bola karet dan bet tenis meja dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Ogan Komering Ulu. Saran penelitian ini penggunaan media modifikasi alat yang lebih inovatif dapat meningkatkan minat dan motifasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga memperoleh hasil belajar yang optimal.
Kata kunci : Hasil belajar, Media modifikasi alat
Bibliografi : lembar 103-105
TM00001953 | TM 1953 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain